Karnaval Budaya Re-Launching SPN 2012

 


Menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-18/PJ/2012 tanggal 16 April 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Publikasi dan Sosialisasi Sensus Pajak Nasional (SPN) Tahun 2012, pada Selasa tanggal 01 Mei 2012 pukul 09.00 WIB Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blora menyelenggarakan Re-launching SPN. Kegiatan yang diselenggarakan serentak di seluruh indonesia ini merupakan publikasi sekaligus sosialisasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia mengenai dimulainya kembali program SPN yang tahun lalu sudah bergulir.

Kegiatan yang mengambil tema “Sukseskan Sensus Pajak Nasional 2012” ini diselenggarakan dengan Pawai Karnaval Budaya dengan mengikutsertakan Tim Drumband Gita Smara Dahana dari SMA Negeri 1 Blora dan Kelompok Kesenian Barongan Mahesa Jenar Kelurahan Kedungjenar serta seluruh pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blora. Dengan rute Gedung Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blora yang lama (Gedung Garuda) melewati Jl. Sudarman, Jl. Kolonel Sunandar, Jl. Nusantara, Jl. Gatot Subroto, Komplek Pasar Besar Kota Blora, Jl. Mr Iskandar, Pusat Makanan Khas Blora, lalu Alun alun Kabupaten Blora, Jl. Pemuda, kemudian berputar di Tugu Jati Pancasila menuju Gedung Baru Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blora, Jl. Gunandar No. 2 Kedungjenar Blora. Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan Seremoni Pelepasan Rombongan Pawai Karnaval Budaya Re-launching SPN tahun 2012 dipimpin oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blora Ibu Pudi Riana.

Dalam sambutannya Ibu Pudi Riana menjelaskan bahwa SPN adalah kegiatan pengumpulan data mengenai kewajiban perpajakan dalam rangka memperluas basis pajak dengan mendatangi subjek pajak (orang pribadi atau badan) di seluruh wilayah Indonesia yang dilakukan oleh DJP dan dilakukan untuk mengamankan sasaran penerimaan pajak tersebut dilaksanakan dengan melakukan penyisiran dan pencacahan terhadap potensi pajak (Wajib Pajak dan Objek Pajak) yang dilakukan secara bertahap dalam rangka ekstensifikasi dan intensifikasi perpajakan. Kegiatan SPN sangat penting mengingat target penerimaan pemerintah dari sektor perpajakan sesuai APBN tahun 2012 adalah sekitar 1.032,6 trilyun rupiah. Dalam perkembangannya, target penerimaan pajak menurut APBN-P 2012 mengalami perubahan menjadi sekitar 1.011 trilyun rupiah. Juga bertujuan untuk mewujudkan keadilan dalam pemungutan pajak (fairness), melaksanaan kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perpajakan (tax compliance), meningkatan administrasi perpajakan (tax administration development), dan meningkatan pelayanan perpajakan (services development). Sedangkan hasil yang akan dicapai dalam pelaksanaan SPN adalah memperluas basis pajak, meningkatkan kepatuhan penyampaian SPT, meningkatkan penerimaan pajak, memutakhirkan basis data, dan sosialisasi sekaligus edukasi perpajakan.

Pada Tahun 2012 ini selain Sensus Pajak Nasional, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blora juga akan melaksanakan program Registrasi Ulang Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang diharapkan dapat mengoptimalkan potensi pajak khususnya di wilayah kabupaten Blora dan Grobogan sebagai sumber penerimaan Negara yang digunakan untuk pembiayaan pembangunan nasional. Serta kegiatan Pemeliharaan Basis Data PBB Dalam Rangka Pemutakhiran Data Piutang PBB Sektor Pedesaan dan Perkotaan. (ibn)

Komentar

Postingan Populer