Kunjungan Silaturahmi Kakanwil DJP Jawa Tengah I ke Bupati Blora

Selasa 25 Juni 2013, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I Edi Slamet Irianto melakukan silaturahmi dengan Bupati Blora H Djoko Nugroho di ruang kerjanya pada Gedung Kantor Bupati Blora. Dalam kesempatan itu Bupati Blora didampingi oleh Asisten III, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Kepala Badan Pelayanan Perijinan dan Penanaman Modal (BPPPM) serta Kepala Bank Jateng Cabang Blora. Sedangkan dari Kanwil DJP Jawa Tengah I adalah Kepala Bidang (Kabid) Kerjasama Ekstensifikasi dan Penilaian (KEP), Kabid Dukungan Teknis dan Konsultasi (Duktekkon), Kabid Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas), Kabid Pengurangan Keberatan dan banding (PKB), Kepala KPP Pratama Blora serta Kepala KPP Pratama Semarang Barat.

Pada sambutannya, Edi Slamet Irianto selain memperkenalkan diri sebagai Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I yang baru, juga menyatakan pentingnya silaturahmi antara DJP dan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab)  Blora yang selama telah terjalin dengan baik, dalam hal ini oleh KPP Pratama Blora dengan Pemkab Blora, untuk selalu dijaga dan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Karena sesama apararatur Negara harus selalu bersinergi dan berkerjasama demi memujudkan amanah konstitusional dalam koridor otonomi daerah.

Edi Slamet Irianto juga menegaskan bahwa Pajak tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kebangsaan, karena dalam kehidupan politik, dukungan politik itu sangat diperlukan, tetapi harus disertai dengan dukungan ekonomi dalam hal ini pajak. Tanpa dukungan ekonomi atau pajak, maka politik tidak bisa melaksanakan pembangunan baik sumber daya manusia, infrastruktur dan lain-lain, sehingga keduanya harus berjalan linear atau beriringan.

 
Selain membahas persiapan pengalihan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sektor Pedesaan dan Perkotaan (P2) ke Pemkab serta kerjasama pemberian informasi yang berkaitan dengan perpajakan, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I juga mengusulkan agar Bupati Blora bisa mengkondisikan agar para pengusaha dan perusahaan besar yang sedang atau akan berusaha di Kabupaten Blora supaya bisa memiliki NPWP lokasi, yang pada akhirnya bertujuan agar Pemkab Blora bisa mendapatkan sharing Bagi Hasil Pajak dari PPh Pasal 21 dan 25 yang disetorkan oleh Wajib Pajak tersebut. Tetapi dalam pelaksanaannya juga harus dibarengi dengan pemberian fasilitas-fasilitas yang menarik agar investor mau menanamkan modalnya untuk berusaha di Kabupaten Blora, semisal dengan mempermudah pelayanan perijinan, pembayaran pajak dan restribusi yang mudah dengan bekerjasama dengan pihak Bank, serta perbaikan infrastruktur yang memadai.

Bupati Blora H Djoko Nugroho dalam sambutannya, selain bangga dan berbesar hati atas kunjungan Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I beserta rombongan, juga mengucapkan selamat datang ke Kabupaten Blora yang selama ini dikenal sebagai Kota Hutan Jati. Djoko juga menjelaskan bahwa antara Pemkab Blora dan KPP Pratama Blora telah lama terjalin komunikasi dan koordinasi yang saat baik. Bahkan Djoko menyebut bahwa Kepala KPP Pratama Blora Pudi Riana sebagai Sahabat Pemkab Blora.

Bupati Blora juga berterima kasih atas saran dan masukan dari Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, yang pada akhirnya saran dan masukan tersebut juga ditujukan untuk kemajuan Kabupaten Blora. Bupati juga berencana pada kesempatan lain mengundang Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I itu sebagai narasumber dalam rapat penggalian potensi Kabupaten Blora yang akan diikuti oleh seluruh pejabat di Kabupaten Blora.
Kepala KPP Pratama Blora, Pudi Riana, juga menambahkan bahwa selama ini KPP Pratama Blora telah bekerjasama dengan Pemkab Blora khususnya DPPKAD Blora dalam persiapan pengalihan pengelolaan PBB P2 dengan adanya transfer knowledge baik berupa pendampingan maupun pemagangan. Juga disampaikan daftar perusahaan besar yang beroperasional di Blora namun belum ber-NPWP lokasi yang kebanyakan adalah rekanan pertambangan Blok Cepu. Pudi juga memaparkan kerjasama KPP Pratama Blora dengan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informasi (DPPKKI) dalam pelaksanaan sosialisasi perpajakan melalui pemutaran film keliling, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dindikpora) dalam pelaksanaan Tax Goes To School serta instansi lainnya dalam hal kerjasama pemberian informasi data perpajakan.

Kepala DPPKAD Blora, Gunadi, juga menyampaikan tentang progress perkembangan persiapan pengalihan PBB P2 dan rencana launching pada bulan Desember 2013. Selain telah mempersiapkan legal formal, software, hardware dan sumber daya manusianya, DPPKAD juga selalu meminta pendampingan dan pelatihan dari KPP Pratama Blora.

Pada akhir silaturahmi, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I dan Bupati Blora saling bertukar cendera mata tanda persahabatan antara DJP dan Pemkab Blora.

Komentar

Postingan Populer