Kabupaten Grobogan Siap Kelola PBB Pedesaan Perkotaan



Bertempat di Pendopo Bupati Grobogan, pada tanggal 4 Januari 2012 Pemerintah Kabupaten Grobogan menerima secara resmi penyerahan pengalihan pengelolaan PBB P2 dari KPP Pratama Blora. Penandatanganan berita acara penyerahan pengalihan kewenangan pemungutan PBB-P2 dilakukan oleh Wakil Bupati Grobogan H. Icek Baskoro, SH dan Kepala KPP Pratama Blora Pudi Riana. Disaksikan Kepala Bidang Pendapatan DPPKAD Kabupaten Grobogan dan para kepala seksi KPP Pratama Blora.
Kepala KPP Pratama Blora Pudi Riana mengatakan, dengan beralihnya PBB-P2 dari pajak pusat menjadi pajak daerah, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mengoptimalkan pengenaan PBB-P2 dan pada akhirnya dapat meningkatkan penerimaan daerah Kabupaten Grobogan. “Kami yakin dan percaya bahwa kedepan pengelolaan PBB-P2 setelah dilaksanakan oleh DPPKAD Grobogan akan lebih baik lagi. Karena penggalian potensi pajak dapat dilakukan secara berkesinambungan sebab lebih mengenal karateristik wilayah dan masyarakatnya, serta  pelayanan yang menjadi lebih dekat dengan wajib pajak,” yakinnya.


Pudi Riana juga mengungkapkan, bahwa penyerahan kepada Pemerintah Kabupaten Grobogan bukanlah sebagai tanda bahwa pihaknya tidak lagi memiliki tanggung jawab atas pengelolaan PBB P2 karena KPP Pratama Blora masih berkewajiban memberi pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam mengelola PBB P2. Kerjasama yang selama ini terjalin dengan sangat baik juga akan diteruskan dengan bentuk pertukaran data, ekstensifikasi dan intensifikasi pajak-pajak lainnya.
Wakil Bupati Grobogan H. Icek Baskoro, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa pengalihan pengelolaan PBB P2 merupakan suatu tantangan dan sekaligus peluang yang cukup menjanjikan sehingga dibutuhkan kerja keras dan kreatifitas yang tinggi dari aparat pemerintah kabupaten.
Icek Baskoro juga berkomitmen dalam pengelolaan PBB-P2 menjadi pajak daerah tidak hanya  untuk meningkatkan kapasitas fiskal dan kemandirian keuangan daerah tetapi yang lebih utama adalah mengupayakan  bagaimana agar pengelolaan PBB-P2 tersebut mampu mendorong masyarakat agar meningkatkan peran sertanya mensukseskan pembangunan daerah dalam mewujudkan kabupaten Grobogan yang sejahtera dan mandiri.
“Ucapan terimakasih dan rasa salut atas kerjasama, bantuan, pembinaan  yang telah dilakukan oleh KPP Pratama Blora selama ini. Pendampingan secara bertahap dari KPP Pratama Blora diharapkan tetap berlanjut sehingga transfer skill (keahlian) dan knowledge (pengetahuan) dapat membuat DPPKAD Grobogan mampu mengelola PBB secara keseluruhan”, lanjutnya.
Wakil Bupati dalam arahannya juga mengatakan bahwa Pengalihan PBB ini bukan hal gampang akan tetapi sangat berat, oleh karena itu kepada aparat DPPKAD Grobogan agar selalu membuka diri agar terjalin kerjasama dan koordinasi yang intensif dengan KPP Pratama Blora dan pihak terkait lainnya.(prabu514)

Komentar

Postingan Populer